MASA DEPAN MANUSIA DAN PENDIDIKAN

image

Teknologi semakin berkembang luas sampai menembus hampir segala kalangan, suatu hari untuk memudahkan segala hal terkait pendidikan orang tidak akan tabu lagi melibatkan peralatan teknologi ditempat bekerja dan dibangku sekolah. Misalnya anak anak pada masa lalu harus membeli dan membawa buku setiap hari ke sekolah. Para mahasiswa membaca buku buku referensi setebal kitab kitab kuno untuk keperluan studi dan pembuatan makalah. Tapi hari ini ada tablet tipis yang dapat digunakan untuk membaca buku pengetahuan, novel hingga video tutorial. Besok atau lusa ditahun tahun berikutnya akan hadir tablet setipis koran dan bisa digulung yang mampu menyimpan satu perpustakaan yang berisi berbagai buku! Samsung sudah mempatenkan sebuah prototype tablet tipis yang dapat digulung berarsitektur 64 bit, berotak inti delapan dengan penyimpanan cloud gratis 2 tahun sebesar 50 gigabyte. Apple pasti tidak akan mau ketinggalan dari saingan beratnya itu.
PC konvensional seperti dekstop dan laptop sesungguhnya mulai berkurang penggunaannya didunia ini. Faktor mobilitas terutama adalah penyebabnya.
Suatu ketika para pelajar hanya memerlukan tablet yang dapat dilipat atau digulung kedalam saku mereka ketika mereka berada didalam kelas. Dengan perangkat tersebut mereka bisa membuka buku pelajaran dengan cepat, menggunakan kalkulator matimatika, membuat draft gambar yang akurat dan merancang. Mereka bisa menonton video peragaan dari jaringan sistem pengajaran. Les online dengan tatap muka video call. Ketika itu tuntutan jaringan supercepat telah menjadi lumrah.
Tidak ada yang aneh daripada gambaran diatas, ketika populasi manusia membengkak dan sumber daya bumi harus di manage dengan ketat demi untuk kelangsungan hidup umat manusia, maka teknologi nampak sebagai satu satunya pilihan kita. Ketika kita telah selesai mengeksplorasi hanya sebatas permukaan dikerak bumi, kita yang selalu mempertanyaan keberadaan kita ini, akan sampai kebatas evolusi baru: Makhluk penjelajah alam semesta! Dimasa kapal kapal angkasa berlayar di ruang hampa nan luas.

ZAMAN BARU
Zaman baru akan datang tapi tidak mendadak. Dia mulai berevolusi perlahan dan semakin cepat menilik dari penemuan zaman sekarang nampaknya arah zaman dapat terlihat jelas. Google melontarkan sebuah konsep yang telah diteliti oleh para ahli yakni sebuah sistem password yang dapat disuntik kedalam darah, sistem ini dapat disinkronkan keperalatan elektronik atau gagdet gagdet pribadi dan yang teregisterasi dengan sistem enskripsi berpengaman tinggi. Tidak menutup kemungkinan password yang telah disuntikan kedalam darah melalui injeksi sinar akan disalah gunakan untuk mengontrol orang maupun kelompok. Namun semuanya tergantung regulasi dan kontrol pemerintah.
Dan satu ide gila terlintas, ketika populasi manusia meledak ke duapuh milyar, manusia tidak mungkin lagi menghuni bumi yang sumber daya alamnya semakin terkikis habis, air laut semakin menenggelamkan banyak daratan. Manusia harus bisa menemukan planet lain untuk hidup! Dan hal ini terlihat sangat masuk akal ketika curiousity akhirnya mendarat di mars. Makhluk terbuat dari besi itu adalah “perpanjangan” tangan dan kecerdasan manusia bumi. Dia bertindak sebagai penjelajah, peneliti dan penayang mars untuk manusia dibumi.

Ide pendidikan dimasa depan terdengar mencengangkan kita yang hidup di zaman ini. Ketika manusia harus bepergian dalam jarak jauh dijagat raya, kita akan akan berangkat dalam usia yang relatif masih sangat muda kita ada dua pilihan: dididik didalam kapal angkasa yang didesain bagai sebuah kota lengkap dengan air, daratan dan tumbuhan, kota dan mesin mesin bertenaga nuklir. Atau, disuntikan secara laser sebuah microchip kedalam otak mereka microchip yang berisikan seluruh ilmu pengetahuan dari permukaan bumi.
Tentu saja ide ini kedengarannya gila untuk masa kita, akan tetapi pada masanya hal ini akan menjadi sangat lumrah: manusia berpengatahuan secara instan tanpa sekolah, mengapa tidak? Zamannya sudah tiba, tuntutan lingkungan dan ancaman keberadaan manusia semakin komplek. Kita harus mempertahankan keberadaan ras kita di permukaan bumi. Kita tidak dapat menyerahkan diri selamanya pada kemurahan alam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s